Sabtu, 19 Januari 2013

✎ Pelari Spanyol ini sengaja kalah demi menghormati lawan

"Pelari Spanyol Ivan Fernandez Anaya membuktikan pada dunia bahwa kemenangan tidak selalu menjadi segalanya.

Pada 2 Desember 2012 ketika berlaga di kompetisi Burlada Navarre. Dia berada di posisi kedua agak jauh di belakang pemimpin lomba, Abel Mutai (Pelari Kenya peraih medali perunggu kategori 3.000 meter di Olimpiade London).
Ketika akan memasuki finish, ia justru melihat pelari Kenya itu malah melambat dan berhenti 10 meter sebelum finish karena mengira telah melewati garis finish.
Fernández Anaya menangkapnya dengan cepat, tapi bukannya memanfaatkan kesalahan Mutai untuk menyalip dan mengklaim kemenangan, ia malah menempel di belakang Mutai sambil menunjuk-nunjuk, menyuruh pelari Kenya itu untuk terus berlari sampai melintasi garis finish terlebih dulu.
Lucunya, Si Pelari Kenya justru tidak menyadari ini karena dia tidak paham dengan bahasa Spanyol.

Ivan Fernandez Anaya, 24 tahun sendiri adalah atlet dengan masa depan yang cerah (juara Spanyol dalam kategori 5.000 meter dua tahun lalu).

Dan inilah apa yang dia katakan setelah perlombaan:

"Saya tak pantas untuk memenangkan perlombaan".
"Dia yang seharusnya yang menjadi pemenang. Dia membuat jarak yang tidak bisa saya lampaui jika saja tidak membuat kesalahan. Ketika saya dia melihat dia berhenti, saya tahu saya tidak boleh melewatinya"
"Bahkan ketika saya diberitahu bahwa saya akan memenangkan tempat di tim Spanyol untuk Kejuaraan Eropa, saya tidak akan melakukannya. Saya juga berpikir saya telah memenangkan sesuatu, telah melakukan apa yang saya ingin lakukan, bukannya untuk memenangkan perlombaan. Dan ini sangat penting, karena hari ini, hal-hal seperti yang ada di kalangan sepak bola di masyarakat, dalam politik ... tampaknya sesuatu yang diperbolehkan. Sebuah sikap kejujuran akan selalu diterima. "

Sayangnya, terlalu sedikit yang dikatakan sebagai hal yang terhormat bagi dirinya sendiri. Dan yang paling memalukan, selain aksinya tidak membuat dia menang, bahkan Anaya sendiri tidak diakui oleh pelatihnya sendiri dengan alasan Anaya tidak bisa menghadapi tekanan untuk menjadi seorang pemenang . Namun tentunya, kejujuran sportivitas dan integritas melampaui olahraga. Fernández Anaya tentunya adalah seorang juara. Dan di mata saya dia adalah juara.





ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 01.34 Kategori:

0 Komentar Facebook:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Pengunjung

Ads

free counters